Presiden Jokowi Masuk 10 Besar Pemimpin Terpopuler di Twitter

Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang mempunyai 7, 4 juta pengikut Twitter, masuk dalam deretan 10 besar pemimpin dengan pengikut paling banyak di sosial media berlogo burung itu. Menurut studi paling baru Burson-Marsteller bertopik Twiplomacy Study 2017, akun Jokowi ada di urutan ke-10 dalam daftar itu.

Bukan sekedar Presiden Jokowi, studi ini dapat mencatat akun Twitter resmi Kantor Staf Presiden Republik Indonesia jadi satu diantara yang aktif membuat ” Moments “, feature yang dikenalkan pada 2016 berupa himpunan cerita yang menghadirkan momen popular di Twitter.

Sesaat Paus Fransiskus (@pontifex) saat ini jadi pemimpin dunia dengan pengikut paling banyak di Twitter dengan 33, 7 juta pengikut. Cuitan Sri Paus umumnya diisi perkataan bijak atau doa dalam beragam bhs seperti Arab, Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Latin, Polandia, Portugis serta Spanyol menurut tayangan pers Burson-Marsteller.

Posisi ke-2 dihuni oleh akun Presiden Amerika Serikat Donald Trump (@realDonaldTrump) yang mempunyai 30, 1 juta pengikut, tumbuh tiga kali lipat mulai sejak penentuan presiden Amerika Serikat th. 2016.

Pemimpin lain yang menghuni urutan 10 paling atas dalam posisi itu yaitu Perdana Menteri India Narendra Modi (30 juta pengikut) serta Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (10, 2 juta).

Berdasar pada studi, Twitter masih tetap jadi media sosial pilihan pemerintahan serta beberapa menteri luar negeri, apabila diliat dari jumlah institusi pemerintahan yang ada di basis ini.

Tim penelitian Burson-Marsteller mengidentifikasi 856 akun Twitter yang dikelola oleh kepala negara serta pemerintahan, dan menteri luar negeri di 178 negara, yang semua mewakili 92 % negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dengan cakupan jangkauan meraih 356 juta pengikut.

Sampai 22 Mei 2017, beberapa pemimpin dunia sudah kirim keseluruhan 5. 204. 579 twit mulai sejak akun mereka semasing di buat. Lembaga-lembaga pemerintahan di Amerika Latin adalah yang paling aktif di Twitter.

Sesaat Pemerintah Meksiko (@GobMx) terdaftar jadi yang paling banyak mengemukakan cuitan dengan rata-rata 123 twit /hari.

Analisa dari 946. 000 twit yang di kirim oleh beberapa pemimpin dunia mulai sejak 1 Januari 2016 tunjukkan kalau Twitter dikira jadi media sosial berbasiskan teks.

Tiga perempat dari semuanya twit itu cuma diisi teks termasuk juga tautan yang dengan cara automatis menghadirkan beberapa gambar dari laman yang ditautkan.

Kurang dari seperempat twit yang dikaji berisi gambar, yang pada umumnya tingkatkan peluang twit lagi (retweet) sebesar 35%, menurut analisa Twitter. Cuma 1. 3% dari twit yang dikaji berisi video yang direkam dengan aplikasi Twitter.

Aplikasi Periscope dari Twitter yang dipakai untuk penayangan video segera, alami penambahan pemakaian cukup tinggi oleh beberapa pemimpin dunia dalam kurun 12 bln. paling akhir.

Di basis itu, 207 pemimpin dunia sudah mempunyai kanal tayangan segera, tetapi cuma 118 yang sudah menghadirkan siaran video segera dengan tayangan cuma bisa dibuka sampai 24 jam.

Periscope dinilai jadi cara yang ramah cost untuk menayangkan konferensi pers, serta hal semacam ini diakui oleh bebrapa instansi pemerintahan.

Akan tetapi, walaupun banyak instansi pemerintahan yang menayangkan konferensi pers mingguannya di basis ini, belumlah ada pemimpin dunia yang mengadakan session tanya-jawab segera.

Bukan sekedar gambar, video, serta video segera, beberapa pemimpin dunia juga memakai gif animasi untuk bikin twit mereka berkesan enteng serta mengasyikkan. Misalnya Perdana Menteri India Narendra Modi membuat gif untuk promosi aplikasi gawainya.

Tagar yang seringkali dipakai juga tercakup dalam studi Burson-Marsteller, yang mempertimbangkan variabel seperti twit, pengikut, siapa yang diikuti, tanggal berhimpun di Twitter, twit /hari, twit lagi, persentasi twit lagi, balasan serta persentase balasan.

Himpunan kata berikut ini mengilustrasikan tagar-tagar yang seringkali dipakai oleh beberapa pemimpin dunia. #EU, #UNGA, #Rio2016, #Turkey, #Ukraine serta #Brexit yaitu yang tema internasional paling utama yang seringkali dibicarakan.

Tagar dengan volume twit lagi paling banyak yaitu #MakeAmericaGreatAgain serta singkatannya #MAGA dengan keseluruhan lebih dari dua juta twit lagi serta jadi popular karena akun media sosial Presiden AS, Donald Trump.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *