Obat HIV/AIDS Buatan Kimia Farma Disambut Gembira

Daftar Harga Obat Orang dengan HIV/AIDS atau ODHA menyongsong senang obat antiretroviral type Efavirenz yang di produksi oleh PT. Kimia Farma. Hadirnya obat ini diinginkan dapat memutus ketergantungan obat ARV yang sampai kini di-import.
Obat efavirenz itu juga telah mulai didistribusikan ke beberapa rumah sakit. “Kami memperoleh laporan monitoring ARV tempo hari yang menyebutkan ARV type Efavirenz telah berada di RS Fatmawati, ” kata Irwandy Widjaja dari Indonesia AIDS Coalition dalam tayangan persnya.

Ia memberikan. “Ini adalah berita senang untuk ODHA di Indonesia karna dengan ARV produksi lokal, kita dapat memutus mata rantai ketergantungan obat ARV dari luar negeri. Serta masalah seperti ARV tertahan di Bea Cukai dapat kita jauhi kedepannya”.

Obat Efavirenz ini yaitu obat ARV type ke-4 yang dapat di produksi oleh Kimia Farma. Dua yang lain yaitu type lamivudine, zidovudine serta nevirapine. Untuk type yang lain dan obat ARV kelompok lini 2 masih tetap impor.

Sampai kini, sebagian besar obat ARV yang diperlukan ODHA di Indonesia yaitu obat impor dari India. Sering kali dalam sistem pembelian obat impor ini alami keterlambatan yang mengakibatkan obat terlambat didistribusikan dirumah sakit.

Irwandy menyebutkan, yang masih tetap jadi PR saat ini yaitu bagaimana turunkan harga obat produksi lokal karna sekarang ini obat produksi lokal harga nya masih tetap 3-4 kali lebih tinggi dari obat generik import.

Obat ARV dinyatakan jadi obat untuk therapy HIV/AIDS mulai sejak th. 1996. Faedah obat itu telah dapat dibuktikan turunkan angka kematian terkait dengan infeksi HIV, turunkan angka perawatan dirumah sakit, menghimpit jumlah virus HIV dalam darah, serta memulihkan kebal badan yang turun. Mereka yang minum obat ARV dengan teratur juga lebih rendah resikonya menyebarkan penyakit ini pada orang yang lain.

Mulai sejak th. 2006 Pemerintah Indonesia sediakan obat ARV dengan bebrapa hanya atau subsidi. Pada akhir th. 2003, menteri kesehatan pada saat itu menyarankan supaya pemerintah buat obat generik ARV untuk kebutuhan rakyat Indonesia. Obat Tradisional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *